Kamis, 08 Januari 2015

Just story

Posted by erna victor On 11.56 No comments

Saya terlahir di sebuah sudut kota yogyakarta, tepat nya di daerah ambarukmo, tetapi saya di besarkan di sebuah dusun kecil yang saat itu masih termasuk desa tertinggal..
belum ada listrik masuk desa bahkan jalanan pun belum di aspal.
Di lingkungan tempat saya tinggal,  banyak sekali pepohonan, ada pohon beringin, pohon kelapa bahkan pohon bambu yang selalu berbunyi ribut saat angin datang,...



Kehidupan yang sederhana saya jalani bersama kedua orang tua dan ketiga saudara  kandung. 
Bukan keluarga saya jika tidak terjadi hal-hal yang membahagiakan...  dan bukan keluarga saya jika tak terjadi keriuhan kecil  saat kami bersama..
Lucu memang... indah dan sangat saya rindukan, saat-saat itu.
Ketiga saudara kandung saya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan hal itu membuat kami saling melengkapi.   
Di masa kecil kami,  semua yang kami butuhkan tercukupi dari kebutuhan sehari-hari  dan pendidikan formal dan non formal.
Didikan kedua orang tua kami sangat keras dan disiplin sehingga kami belajar dengan baik dan mempunyai bekal untuk saat ini dan masa depan.
Pengenalan agama sampai pada pendidikan unggah ungguh ( tata cara jawa ) kami dapatkan dan kami sangat berbangga mempunyai kedua orang tua yang berprinsip, 

berpose di salah satu cafe
Setelah menginjak remaja, banyak impian yang datang pada saya, baik di dunia kerja bahkan dalam rumah tangga. Saya punya keinginan yang besar dan tinggi, saya pikir ini wajar karena keinginan itu wajib bagi setiap manusia agar tumbuh menjadi manusia yang lebih baik lagi dan bersemangat mengejar mimpi. tetapi dengan mimpi saya yang muluk, membuat saya sering mendapat cemoohan dari saudara-saudara yang kebetulan saat itu mempunyai nasib baik, yang sudah menjadi orang lebih di banding keluarga kami.

nge-mc di acara kampus
Semangat saya mengejar keinginan, saya buktikan dengan keluarnya saya dari dusun, dan hijrah ke Jakarta.
Tepatnya di jl samudra IX, Tanjungpriok saya menumpang hidup ditempat kerabat, dengan niat mencari kerja.. tetapi disana saya tak lama, karena ternyata kehidupan di kota besar tidak bisa saya ikuti.. terlalu serius dan keras disana, saya belum bisa, pikir saya waktu itu.
belum ada setahun saya pun kembali ke kota di mana saya di lahirkan.



Setengah tahun setelah saya kembali ke kota yogya, saya mulai  berpikiran untuk segera melanjutkan pengejaran mimpi saya, berlari lah saya di kota semarang.. kota dimana penuh dengan cinta dan kebahagiaan saat ini. dan di kota ini lah saya harus banyak memilih langkah yang tepat untuk hidup yang lebih baik meskipun sedikit pernah juga terjerumus dalam kenakalan-kenakalan kecil.

show mengisi acara pemilihan model 1998


Di bulan pertama saya berada di kota semarang, saya menawarkan diri saya untuk bekerja baik di beberapa mall dan perusahaan,  berharap menjadi karyawan dan bertahan hidup dengan gaji yang mereka berikan dengan kesepakatan saya.  ah karena pendidikan yang hanya sampai SMA saya pun sadar diri dan melamar pekerjaan pada tempat yang sekiranya menerima pendidikan Saya.

- tahun 1995 awal, memulai bekerja di sebuah pasaraya tersohor di kota semarang. di pasaraya Sri ratu itu saya bekerja sebagai pramuniaga, sebetulnya di saat saya bekerja sebagai pelayan toko itu saya berkeinginan untuk menjadi MC di ruang informasi itu.. ya hanya sekadar berharap saja, karena saya belum banyak menguasai hal itu dan belum ada kesempatan untuk menjadi MC. 
pramuniaga saya jalani selama kurang lebih satu tahun,  dan........
menjadi mc di acara seminar kampus


- akhir tahun 1995 saya mendapat tawaran menjadi SPG produk kaos, akhirnya saya menerima penawaran itu dan saya resmi menjadi SPG RICKY PREMIERE tetapi harus moving ke swalayan ADA,  yang berada di jalan siliwangi  
setelah menjadi SPG Disana saya berkenalan dengan seorang pria , pria itu bernama Bernadus nova kristiono, mahasiswa STIKUBANK yang mengambil jurusan ekonomi perbankan itu membuat keinginan saya  untuk kuliah semakin tinggi. 
ah mimpi besar ku saat itu ingin menjadi seorang mahasiswi...  ( saya yakin mampu meraih
- awal tahun 1996 saya bekerja sebagai karyawati di sebuah usaha dagang, yang bergerak di bidang penjulan pagar BRC dan Kayu profil untuk lis sudut-sudut atap rumah.. namun tidak lama, hanya sekitar empat bulan saja, karena saya terkena pemecatan karena kesalahan pribadi dan tidak menyangkut masalah pekerjaan. :) .. ya hanya karena saya mengaku keturunan cina, karena kulit putih saya waktu itu.. tetapi ketahuan juga akhirnya  di lihat dari marga bahwa saya bukan dari WNA hehehe

aku di salah satu majalah Guru Jawa tengah



- Setelah dikeluarkan dari pekerjaan sebelumnya, saya bekerja di sebuah pabrik plastik di daerah semarang barat, ah lagi lagi saya di keluarkan karena saya tidak mau di pacari sama sang juragan. Saya masih bersikeras utnuk sekolah dan berhasil menjadi orang sukses.. meski waktu itu saya tidak tahu arti sukses itu apa ...


- Setelah itu  saya bekerja SPG produk minuman beralkohol. jauh berbeda dengan saat saya bekerja sebagai SPG kaos..
 nice step.. to know about life...
saya banyak mengenal orang-orang dan berbagai karakter saat saya menjadi SPG bir itu, tetapi untungnya saja,masih bisa menjaga diri dan berusaha mewujudkan cita-cita. 


- Tahun 1997, saya tergoda untuk menjadi SPG ROKOK.. 
  menjadi SPG rokok tidak mudah, saya harus melewati audisi berbagai macam penilaian, dari tinggi dan berat badan, penilaian make up, sampai cara berkomunikasi dan satu lagi akting. entah kenapa harus pake akting segala di situ. 

- Selama menjadi SPG, banyak teman yang saya kenal dengan berbagai latar belakang pendidikan, dan hal itu menjadi diri saya semakin ingin menjadi mahasiswi.. ya mahasiswi yang punya banyak prestasi.  saya harus mengejar itu.
penghasilan saya  yang tidak terlalu besar tetapi bisa membawa saya masuk ke sekolah modeling dan PR waktu itu.. 
Di modeling Talenta agency saya sekolah model selama 3 bulan, berbarengan dengan itu saya sekolah PR di Yayasan pendidikan internasional yang di kelola oleh Ibu Bonita Sampoerno,  alhamdulillah saya menjadi pelajar terbaik dan wisudawati  terbaik untuk keduanya..
job demi job berdatangan, untuk sekedar show kecil atau peragaan busana mewah di semarang.  saya sering membawakan gaun malam yang etnik dan baju pengantin baik barat maupun indonesia.. 

aku dan baju pengantin
- Di tahun 1997 tahun dimana saya menjadi diri sendiri yang punya banyak kesibukan .. saya mencintai diri saya dan bangga dengan apa yang saya dapatkan. saya menjadi seorang peragawati yang sering tampil di panggung acara peragaan busana di semarang, jogjakarta, malang , bogor, jakarta bahkan di bandung... sesi pemotretan pun saya lakukan untuk beberapa majalah lokal. 
sebelum berkiprah di dunia gaya, saya juga menjadi ratu-ratuan dan putri-putrian meski hanya menyandang juara the best catwalk.. dan selalu itu.  sayang piala-piala itu harus hancur oleh tangan suami yang tidak pernah mencintai saya tulus.
saya diangkat menjadi guru catwalk di tempat saya belajar dulu, saya mengajar catwalk untuk kelas anak remaja dan dewasa, dan sekali dua kali tampil di layar kaca TVRI dan SCTV waktu itu untuk acara " jalan-jalan", kalo sekarang ya jejak petualang lah..
ucap syukur pada Tuhan saat itu. prestasi saya benar-benar membanggakan ibu dan bapak saya. 

- tahun 2000, saya mendaftar menjadi mahawasiswi di sebuah PTN di semarang. saya di terima menjadi  mahasiswa di fakultas Hukum,  saya berbangga lagi, karena saya untuk kesekian kali menjadi mahasiswi, dan  semoga yang ini benar-benar sampai lulus, harapan saya waktu itu. saya tidak mau gagal seperti tahun sebelumnya, hanya mencicipi satu semester di fakultas yang menerima saya.
show pembukaan java mall th 2000

- tahun 2000 saya juga mengawali karir menjadi announcer di sebuah radio swasta,  jadi waktu itu saya membagi waktu untuk mengajar modelling, siaran dan kuliah..
bukan hal yang mudah tetapi saya mampu menjalaninya dengan bahagia dan selalu berbangga. 
seringkali susah mencari pengganti penyiar saat saya ada job show di luar kota, tetapi semua  di maklumi oleh  direktur program radio tempat saya siaran waktu itu.   
sangat sibuk dan super sibuk sehingga saya melupakan waktu untuk pacar saya dan akhirnya kami pun bubar karena saya lebih memilih kegiatan saya.
saking asyiknya saya dengan kegiatan saya yang bejibun saya pun lupa dengan kewajiban saya sebagai manusia muslim... dan itu lah kesalahan fatal yang saya lakukan saat itu.
tetapi.. hal itu tak berlangsung lama karena bapak selalu mengirim surat untuk mengingatkan saya utnuk selalu beribadah.


-tahun 2003 saya menjadi penyiar lagu mandarin di radio hiu kencana, perpindahan saya dari radio pertama ke radio siaran mandarin itu membuat saya lebih semangat untuk belajar bahasa luar. saya mengambil kursus bahas mandarin dan bahasa inggris, alhasil semua bisa saya  jalani dan hasilnya pun  memuaskan, seperti tertera di report hasil studi saya. terimakasih tuhan, saya masih  di beri kesempatan untuk menjadi orang yang punya beberapa bahasa selain bahasa pribumi.

- di tahun 2004 setelah saya lulus dari fakultas hukum, saya bekerja sebagai karyawan pabrik pigura, semua saya lakukan karena saya harus pindah ke kota gudeg, saat itu sedang mengalami permasalahan keluarga di sini. seminggu bekerja, saya mendapatkan uang sebasar 150 ribu waktu itu dan gaji pertama saya gunakan untuk membeli sepeda si kecil.
ah rasanya hidup saya masih harus berjuang lagi demi kehidupan lebih baik..

- tahun 2006 setelah saya kembali ke semarang berharap menjadi diri lebih baik, saya bekerja di fakultas hukum tempat saya di luluskan.. menjadi seorang administrator dan bekerja di balik meja. ah inilah awal saya melangkah menapaki hidup yang saya harapkan menjadi terbaik...
tahun pertama saya bekerja, tahun itu pula saya di ceraikan suami saya, dan cerita nya ada di sini, di blog biru saya yang berjudul perceraian terindah bagiku.
Sejak saat itu saya dituntut hidup mandiri dan menjadi lebih baik lagi..

Bismillah.. semoga mimpi saya yang banyak, akan tercapai satu persatu seperti halnya mimpi saya mendapatkan pendamping hidup yang baik menurut Tuhan, dan menurut saya.
Dan............Saat ini, saat saya menulis just  story ini,  tepat di hari rabu 8 januari  di tahun 2015, .. di sela-sela saya bekerja, dan membalas viber message dari teman- teman saya,  saya juga mempunyai harapan baru, semoga harapan dan keinginan untuk menjadi selalu sehat dan bahagia  tercapai.. 
AMin










0 komentar:

Posting Komentar

monggo di pun koreksi