Rabu, 18 Januari 2012

Adat pindah rumah cara jawa

Posted by erna victor On 08.56 14 comments




 Di tengah peradaban modern ini, masih saja aku percaya dengan yang namanya sesaji (sajen). Sesaji adalah  benda yang di siapkan pada suatu tempat tertentu dengan tujuan tertentu, misal untuk keselamaan dan sebagainya. Ya, mungkin untuk sebagian orang hal itu sudah di katakan kuno, bahkan  menurut  penganut agama tertentu mungkin hal ini di katakan  musrik, karena percaya pada benda- benda. Tapi bagi ku tidak, aku masih percaya adanya kekuatan  yang tersimpan di balik sesaji. Mungkin karena aku terlahir di dalam budaya jawa, sehingga masih melekat tanaman adat di kehidupan ku dan perilakuku. Ketika masih usia balita, adat tetesan ( sunatan bagi cewek ) pun di lakukan nya bahkan ada adat yg dilakukan pada “mens” pertama. Pada adat jawa, mens atau haid pertama di tandai dengan “pangur “ gigi, atau menyamakan bentuk gigi.  Tapi aku menolak melaksanakan "pangur gigi " karena aku secara waktu itu aku memang nggak mau merubah bentuk gigi karena aku yakin sudah rapi, juga di karenakan aku memang takut dengan hal tersebut.     
Sekarang jaman sudah berkembang dan jamannya era globalisasi. Hal ini di tandai dengan beralihnya tenaga manusia dengan mesin, berubahnya peradaban manusia, dengan banyak  meninggal adat istiadat. Jarang sekali orang di kota, aku temui dengan adat yang masih melekat, mereka sudah menanggalkan satu persatu bahkan ada yang benar-benar tidak memakai adat  lagi.  Sungguh di sayangkan, mengapa mereka meninggalkan kebiasaan nenek moyang itu.  Meskipun aku berada pada lingkaran orang-orang modern dan orang-orang yang berpikiran lebih maju, namun aku masih percaya dan masih melakukan sesuatu dengan kebiasaan adat jawa. Karena bagiku nguri-nguri atau melestarikan  adat adalah sebagian dari kecintaan kita pada nenek moyang dan suatu daerah. 


Beberapa waktu yang lalu, aku mendapat kan rejeki dari Tuhan, yaitu aku bisa membeli rumah meskipun dengan cara mencicil nya.  Dengan DP atau uang muka yang lumayanesar bagi ku , akhirnya salah satu bank menandatangani kontrak perjanjian hutang ku untuk sebuah pembelian rumah.  Seperti hal nya orang-orang, aku pun melakukan tasyakuran.
Tasyakuran  untuk acara slup-slup an rumah atau memasuki rumah untuk kali pertama karena akan ditempati, aku lakukan. Aku menyiapkan nasi kotak  sebanyak jumlah tetangga dekat. Tak lupa aku siapkan ubo rampe untuk sesaji.  Dengan nasehat orang yang sudah melaksanakan slup – slup an rumah,  dan memang aku masih kental dengan adat jawa ku, aku pun pergi ke pasar tradisional untuk mendapatkan barang yang aku perlukan.  Sesampai di pasar, aku langsung menuju ketempat orang yang berjualan bunga. Tinggal bilang, beli ubo rampe untuk pindah rumah atau slup-slupan, si penjual itu sudah dengan cekatan memberi apa yang kita butuh kan lengkap. Setelah mendapatkanya aku pulang dan ku tata rapi di salah satu tempat atau kamar. Ubo rampe yang berupa tiker, lampu teplok dan kwali, juga bumbu- bumbu dan bahan  masakan tertata sudah. Aku menyusun nya persis seperti yang di bilang si penjual tadi, jadi beras aku masukan ke kwali penuh, dan bawang merah, bawang  putih juga cabe , garam, gula aku bungkus plastik sendiri-sendiri dan aku tata di atas kwali yang berisi beras tadi, dengan alas tiker pandan kecil dan lampu teplok yang ku nyalakan serta kendi yang berisi air. Semua itu berarti agar kedepan nya si pemakai rumah ini mendapat rejeki yang terus dan tak pernah putus, dapur yang di ibaratkan memakai kwali itu di harapkan agar selalu ada yg di masak, lampu teplok menandakan agar si empu rumah selalu dalam pikiran terang dan mendapat rejeki dengan mudah, air simbol ke”adem”an, agar rumah tersebut dalam keadaan tenteram, bunga sebagai simbol agar rumah tersebut mempunyai nama harum di lingkungan. Air kendi yang sudah di persiapkan  itu kemudian di tuang ke beberapa sisi ruang dan juga jalan masuk rumah atau pintu agar rejeki nya lumintu dan rumah menjadi tempat paling menentramkan. Bagaimana menurut anda, tentang adat sesaji ? apa perlu di uri-uri atau di lestarikan atau hal itu di anggap tidak perlu?


Ubo rampe : syarat
Lumintu : terus - terus an
Slup-slup an : acara kali pertama masuk ruamh yg akan di tempati
Kwali : alat masak dari gerabah
Pangur : penyamaan gigi
Tetesan : sunatan perempuan ala jawa
Sesaji:berbagai jenis barang untuk persembahan
Lampu teplok : lampu yang di nyalakan dengan minyak tanah
Nguri-uri : melestarikan


Sebatas pengetahuan erna

14 komentar:

wuah...
seru juga adat istiadat kita ya..
seandainya kita lakukan semua adat kita, bisa pemborosan kali ya :D

ya begitulah, tapi ada nikmat nya juga menurut ku sih

untuk saya cukup dengan mengundang makan tetangga-tetangga sekitar untuk makan-makan supaya bisa bekenalan dengan tetangga baru...

iya banyak yg seperti itu, tapi ada beberapa syarat yang diperlukan menurut orang jawa.
semua kembali kepada diri kita...

Wong jowo ojo ngasi ilang jawane Na... hehehehee

tidak perlu mas, barang2 tadi sama sekali tidak mempunyai manfaat dan sama sekali tidak mempunyai kekuatan apa apa, kelancaran rejeki di hasilkan dari kerja keras kita di barengi doa.
bagi seorang muslim dosa besar dan musrik.

Artikel yang padat berisi dan lengkap. Untuk tambahan tips dan trik memulai pindahan dan mencari jasa pindahan serta memilih paket pindahan yang tepat boleh ke TKP
http://exspedisincs.weebly.com/jasa-angkut-barang-pindahan.html
or pelngkap juga
https://www.bersosial.com/threads/tips-memilih-jasa-pindahan-murah-terpercaya.19042/

GURAH BATAM

GUN PAKARE buka Praktek Terapi GURAH di Batam sejak Tahun 2002 dengan tujuan untuk melestarikan GURAH tersebut agar tidak punah...dan hanya fokus pada pelayanan TERAPI GURAH TETES HIDUNG, agar dalam pelayanan Terapi GURAH benar-benar bisa optimal, serta... sudah RIBUAN Pasien yang telah ditanganinya... yang datang dari dalam kota, luar kota, luar pulau, bahkan dari manca Negara.
GURAH adalah...proses pembersihan organ tubuh dari berbagai lendir negatif yang merugikan organ tubuh secara alami...dengan cara meneteskan ramuan Gurah ke dalam hidung.

GURAH merupakan cara terapi tradisional yang diwariskan oleh para leluhur dari tanah JAWA...dan lebih dikenal khususnya oleh kalangan pertapa (ahli Meditasi), Pesilat, Dalang dan Pesinden sebagai upaya untuk membantu meringankan olah nafas (nafas panjang), suaranya nyaring dan kuat, serta...dimanfaatkan oleh sebagian Guru mengaji untuk menggurah para santrinya agar suaranya bagus dan merdu dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran...yang kemudian belakangan ini sangat marak dikenal dan dilakukan oleh para Penyanyi.

Selain bermanfaat untuk perawatan suara dan untuk perawatan kesehatan organ tubuh dari berbagai lendir yang bersifat negatif... Ber-GURAH juga sangat bermanfaat untuk membantu meringankan pengobatan berbagai penyakit, diantaranya...Batuk Menahun, Pilek Menahun, Sinusitis, Pusing Menahun, Perokok berat, dll.

Tetapi hal ini hanya berdasarkan bukti empiris hasil pengalaman praktek yang telah saya lakukan bertahun-tahun sejak Tahun 2002 s/d saat ini.

Bagi anda yang membutuhkan bantuan jasa Terapi GURAH, silahkan Hubungi GUN PAKARE Ahli Gurah Batam di No Hp. 0856 6830 3029

Jika tidak bermanfaat jangan makan sayuran & daging . Karena tenaga manusia itu berasal dr sari tumbuhan & hewan maka orang jawa sadar & menghargai itu , dengan di sertai syukur kpd Tuhan YME mengaplikasikannya melalui simbol berupa sesaji. Orang jawa itu teliti , tidak seperti negara lain , jauh beda teliti & tingkat filusufnya . Orang jawa itu sangat menghargai alam & semua makhluk ciptaan-NYA . Bagaimana bisa mengaku rahmatan lil alamiin jika tidak mau menghargai sesama ciptaan ? Bagaimana bisa dibilang makhluk paling sempurna jika tidak mengakui keberadaan makhluk yang lain ?
Leluhur kita lebih cerdas & arif daripada kita yg sekarang ini .
Pangestu Hyang Maha Kuasa & Pangestu Leluhur 🙏

kalo soal biayanya,tentu saja asalkan kita mengaturnya menggunakannya menurutku enggak lebih dari 50 ribu rph

terimakasih komentar nya.... sukses buat kita semua

benar sekali, bagi muslim adalah dosa besar n musrik sebab hukum di arab sana selaku tempat turunnya agama Islam sm skali g mengenal adat tradisi seperti di tanah jawa ini.
namun perlu di ketahui, ada 1 wali yg berasal dr tanah jawa yg sm sekali g kehilangan jatidiri serta tetap mempertahankan adat tradisi warisan leluhur serta masih banyak kyai+ulama yg menghargai adat tradisi lokal tanpa memusrik2an hal tersebut seolah merasa paling benar drpd Tuhan

TERIMAKASIH semua atensi nya....
ditunngu di tulisan berikutnya

Murik itu terletak di niatan dan hati.
Apa sesaji tadi di peruntukan kepada sesuatu.
Kalau dari uraian di atas semua adalah simbul. Kok langsung sirik musyrik.

Posting Komentar

monggo di pun koreksi