Rabu, 29 April 2015

bejjo tour de dieng

Posted by erna victor On 11.51 No comments

Awalnya sih ragu akan kemampuan mobil tua saya yang saya namai bejjo alias selalu beruntung dan karena
Mobil tua dianggapnya mobil yang sering rewel dan penuh resiko untuk bepergian jauh, membuat saya tertantang untuk membuktikannya.

Minggu kemarin saya mengajak bejjo menyusuri daerah dataran tinggi dieng yang terkenal dengan tanjakan yg ekstrim yg masuk pada wilayah  kab banjarnegara dan kab wonosobo. Tepatnya di sebelah barat gunung sindoro dan gunung sumbing.  Ketinggian  rata rata adalah 2000m diatas permukaan laut.

Bismillah...
Di pagi yg sudah penuh persiapan saya meluncur menuju kota dieng bersama si kecil saya.
Dengan bekal doa dan beberapa cemilan.. mantaplah kami memulai bermain gas dan rem.
Start jam 4 pagi,  mata yang masih ngantuk dengan  kecepatan 80km perjam, kami  melenggang melewati kota kota kecil.
Wonosobo.. salah satu tempat kami untuk  transit. Kami Sarapan sate kelinci di alun alun kota itu.
Lapangan yang cukup luas ini seperti pasar jika minggu pagi. Banyak penjual makanan dan ada juga stand pakaian sepatu bahkan  accesories.

Sarapan has done. Kami melanjutkan perjalanan menuju dieng.
Tak lama. . Hanya skitar 25 menit dari alun alun wonosobo, kami sudah berada di  area jln masuk,  dengan membayar 2000 rupiah perkepala dan 2000 untuk  mobil kami.
Gasss kami mulai menyusuri tanjakan dan kelokan yg luar biasa ekstrem menurut saya.

#telogo warna
Berbekal peta yg sudah di berikan pada kami oleh petugas retribusi tadi, akhirnya tanpa  tersesat kami tiba di
tujuan kami yang pertama..
yes bejjo mendapat tempat parkir yang nyaman...
telogowarna penuh dengan cerita,  dengan memakai jasa pemandu, kami mendapatkan kan informasi yang valid tentang smua tempat yang berada di area telaga warna.
tempat - tempat yang terdapat di area telaga warna antara lain,. gua sumur, gua pengantin, gua semar.

telaga yang terdapat disana bukan hanya telaga warna saja tetapi ada telaga pengilon, telaga yang bening sehingga di nama kan pengilon atau arti kata tempat berkaca. konon katanya jika kita berkelakukan baik maka bayangan kita yang ada ditelaga sana kan terlihat jernih dan bening, tgetapi jika kelakukan kita tidak baik maka kita terlihat jelek disaat berkaca melalui beningnya air telaga itu.

telogo warna

#kawah sikidang
objek wisata yang kami kunjungi selanjutnya adalah kawah sikidang. kawah sikidang adalah bekas letusan gunung berapi yang membentuk kawah, dan kawah ini masih aktif sampai sekrang. kawah sikidang aman untuk dikunjungi karena kadar belerang nya tergolong rendah, tetapi saya tetap memakai masker seperti para pengunjung lainnya untuk mengurangi bau yang menyengat.
karena tidak begitu tahan dengan bau yang menyengat itu, saya pun tak lama di berada disana , dan segera meluncur ke onjek lainnya bersama bejjo.

#candi Gatutkoco
menyusuri jalan berkelok sekitar 10 menit akhirnya kami sampai pada area lokasi cagar budaya candi gatutkoco. dengan tiket yang sudah jadi satu paket dengan kawah sikidang tadi, kami langsung saja memasuki area candi. disana terdapat taman bunga yang bagus dan beberapa candi diantara nya candi arjuno. sepertibiasa kami narsis dulu lah di candi
heheheheh

#DPT Dieng Plateu Theatre
temnpat dimana kita bisa menyaksikan film dokumenter tentang dieng dan sekitarnya. sayang sekali saya tidak masuk untuk melihat film nya, karena bejjo butuh istirahat sesaat seperti kami yang sudah mulai kelaparan di suhu yang berada di bawah 10 derajat ini.

#Home Industri carica
 Mengunjungi tempat wisata di dieng belum afdol jika tidak melihat pembuatan manisan caruica, minuman buah yang terkenal dari  dieang plateu ini.
berbelanja sambil melihat cara pembuatannya menjadikan pengalaman yang luar biasa buat kami.

well .. bejjo si mobil tua tidak di ragukan lagi.. dia begitu kuat dan sehat..  meskipun harus ekstra was-was dan borosnya bensin hahahahaha  dari nol ke nol ternyata jatuh pada 1:8 ..
_______________liburan bersama bejjo dan keluarga tercinta ini kami namai "bejjo tour de dieng "