Kamis, 26 Juli 2012

Tips menghadapi melunjaknya kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran

Posted by erna victor On 09.29 No comments

Fenomena yang terjadi saat bulan ramadhan tiba adalah kenaikan beberapa bahan pokok.  Kemarin di awal ramadhan ini, harga telor sudah melambung, dari awal yang harganya satu kilo nya cuma 12 ribu menjadi 21 ribu.   meskipun kenaikan harga telor hanya terbilang singkat, karena terbukti seminggu berjalan nya puasa ini harga telor sudah kembali normal seperti sebelumnya. 
Dalam menghadapi ramadhan dan dalam rangka persiapan lebaran,  di perlukan kesiapan dalam menghadapi naiknya barang-barang lain. 

Tips cara untuk hemat pada saat bahan pokok melonjak naik, antara lain
  1.  Membuat skala prioritas kebutuhan, harian dan bulana.
  2.  Biasanya menjelang lebaran orang sibuk mencari dan belanja di mall untuk baju lebaran, cegah lah yang namanya "impulse buying" atau biasa di sebut lapar mata, dimana saat lihat  langsung beli, dengan cara membeli barang yang sudah direncanakan saja dan konsisten dengan harga yang sudah  di target kan.
  3. Membeli hanya barang yang di butuhkan saja.
  4. Efisiensi total terhadap barang fasilitas yang di gunakan, misal mesin pendingin, air, listrik dan sebagainya.
  5. Memulai pekerjaan sambilan utnuk mencari tambahan yang tidak mengganggu aktifitas jam kerja untuk orang yang sudah bekerja.
  6.  Jaga kesehatan, karena hal yang paling utama adalah kesehatan. 
Sepertinya penghematan atau gaya hidup hemat juga dibutuhkan bukan hanya pada saat menjelang lebaran dimana banyak terjadi kenaikan bahan pokok makanan dan sandang saja, tetapi di perlukan  juga untuk menghadapi bila terjadi resesi ekonomi yang juga terjadi pelonjakan harga-harga. 

0 komentar:

Posting Komentar

monggo di pun koreksi