Rabu, 20 Juni 2012

alat komunikasi dulu dan kini...

Posted by erna victor On 15.23 2 comments

 Dulu.. sebeluum ada komunikasi canggih seperti handphone ataupun internet, kita  menggunakan surat sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dari kita.  Jasa yang di gunakan adalah POS.   Kabar atau surat yang kita tulis baru sampai setelah tiga hari atau lima harian untuk surat yang dikirim untuk daerah atau beda kota.  saat itu, jasa pos dengan penggantian pembayaran nya adalah dengan pembelian perangko.  Untuk berita yang lebih cepat, ada  media yang di namakan telegram.  

Perkembangan teknologi semakin  pesat. Jasa POS pun berangsur kurang di minati karena sudah adanya media komunikasi melalui fasilitas chatting dari media internet.  dengan Chatting kita bisa langsung berbicara dengan orang yang kita tuju melalui komputer yang di lengkapi fasilitas internet.  selain  itu,   media untuk mengirim berita  bisa melalui alat yang bernama pager ( pejer ).  pager adalah media mengirim pesan, namun masih melalui operator, jadi kita kita menelepon operator dan operator akan mengirim pesan ke nomer pager yang kita sebutkan.

Sekarang bermacam-macam alat komunikasi dan ada alat komukiasi yang di sebut dengan handphone, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, dan langsung mendengarkan suara yang kita tuju melalui pelayanan provider. selain telepon media handphone juga menmberikan fasilitas pengiriman pesan, yang biasa di sebut sms. dengan sms kita bisa mengirim pesan singkat hanya dengan beberapa rupiah saja, bahkan yang terakhir berkembang malah pengiriman beberapa sms bisa mendapatkan bonus untuk pengiriman 100 atau lebih sms. 

Pesan lewat phonesell  berkembang dan muncul juga Handphone yang memberikan fasilitas untuk komunitas sesama pemakai  merk handphone tersebut. BBm  atau blackberry messenger, nama fasilitas itu, Hanya dengan memakai handphone merk Blackberry dan berlangganan untuk fasilitas maka kita bisa berkomunikasi lewat BBm dengan sesama pemakai BB.  

Dengan semakin canggihnya cara berkomunikasi maka jarak tidak lagi menjadi masalah dan berkomunikasi menjadi lebih mudah tapi  karena terlalu mudahnya itu kadang kita merasa terganggu dengan  panggilan telepon ataupun sms yang terkirim, apalagi BBm yang semakin hari semakin banyak teman invite kita. kadang waktu untuk pribadi dan keluarga terganggu, apalagi kita yang merasa tidak enak apabila tidak membalas messenger yang masuk.   apabila di rasa alat itu semakin mengganggu ketenangan kita dalam melakukan kegiatan kita, lebih baik di kala sibuk atau  membutuhkan waktu untuk privacy  kita off kan sana Handphone.  . . . . . . 


2 komentar:

ah inget dulu ngirim surat pake telegram dan ditulis sesingkat mungkin hahahhaa,

sekarang udah canggih, ngirim teks, voice, dan visual puun sudah mudah dan praktis :p

masalah keganggu atau tidak, hmmm, saya mah bukan orang sibuk, jadi yah .... senenga aja kalo ada bunyi BBM hahaha, maklum contactnya dikit :p

:) :) wah berarti km orang yg enak diajak komunikasi.. alias nggak pake naruh hp kalo di tilpon hehehehhh

Posting Komentar

monggo di pun koreksi