Minggu, 02 September 2012

Sederhana...

Posted by erna victor On 11.04 No comments

Menjadi pribadi yang sederhana bukanlah pekerjaan yang gampang. Semua harus di mulai dengan rasa percaya diri dan syukur. Sedangkan mempunyai rasa percaya diri dan perasaan bersyukur memerlukan kekuatan yang ekstra dari dalam hati.  akan tetapi jika sudah berniat menjadi atau mempunyai kehidupan yang sederhana semua akan dengan mudah di jalani. 

Sederhana adalah cara atau pola yang tidak berlebihan, tidak rendah atau tidak tinggi, tidak banyak pernik atau dalam keadaan standart / cukup.
Sederhana  yang saya maksud di sini adalah sederhana yang mengarah pada  cara hidup dan pola pikir. cara hidup dan pola pikir memang berkaitan dan jelas ada hubungan di antara keduanya.

Hidup sederhana bukan suatu hal yang aneh bagi orang-orang yang sudah melakukannya.  tapi untuk orang yang belum pernah merasakan hidup sederhana pasti akan kaget dan tidak mudah untuk memulainya.  hidup sederhana pasti berawal dari  rasa yang tidak ingin berlebihan atau bisa di katakan dengan hidup yang cukup, cukup di sini adalah tidak muluk dalam keadaan keseharian. lalu bagaimana cara agar kita bisa hidup sederhana ? yang pertama harus kita lakukan adalah kita harus mengubah pola pikir terlebih dahulu. harus kita tanamkan    dahulu rasa syukur pada diri. mengubah pola pikir tidak semudah kita menulis atau berbicara, semua butuh penekanan bahwa keyakinan terhadap sesuatu yang bernilai lebih akan lebih baik jika serba biasa, dalam artian tidak usah neko-neko ( kata orang jawa ).
contoh : menggunakan mobil yang bagus keluaran terbaru atau mobil yang mahal, akan sama hal nya dengan pemakaian mobil yang tidak terlalu baru namun masih bisa digunakan dan berfungsi normal, yang jelas masih bisa di pakai dan masih layak pakai, jadi tidak perlu mobil yang keluaran terbaru hanya karena pertimbangan gengsi.

Setelah belajar bersyukur dan bisa  mengubah gaya dan cara hidup maka sederhana dalam hidup akan bisa di lakukan. manfaat dari hidup sederhana antara lain adalah kita bisa menikmati dengan apa yang ada saat ini karena tidak merasa khawatir tentang apa yang ada tanpa harus menjadi sebuah kecemburuan dan pasti kita akan lebih bahagia karena   kita tidak usah perlu boros untuk menutupi gengsi.        

hidup sederhana memang tidak mudah, mari sama - sama belajar untuk itu, agar kehidupan yang hakiki dengan kebahagiaan dapat kita miliki.
                                                                          

0 komentar:

Posting Komentar

monggo di pun koreksi