Kamis, 13 September 2012

Side Job

Posted by erna victor On 17.38 6 comments

Bisnis sampingan memang di butuhkan bagi orang-orang yang sangat gila kerja. Pengertian itu saya ambil ketika saya banyak bergaul dan mengenal orang-orang yang mempunyai sifat Workaholic atau gila kerja.  Tapi seiiring dengan lebar nya pergaulan dan proses dalam kehidupan yang menyangkut dengan soal finance, pandangan saya untuk seseorang mencari side job itu bukan hanya untuk orang yang gila kerja, orang yang selalu berambisi untuk melakukan pekerjaan  tetapi side job di lakukan untuk orang yang merasa belum tercukupi dengan hasil dari pekerjaan utamanya.  

Side job atau pekerjaan sampingan memang benar dibutuhkan, apalagi bagi orang yang hidup sendiri tanpa partner atau bisa di katakan janda atau duda sedangkan dia membutuhkan dana untuk kehidupan dia dan anak-anaknya. Masih banyak alasan lain diantara nya, adalah tuntutan gaya hidup yang di hadapi sehingga membutuhkan biaya  untuk mencukupi nya.
Pekerjaan sampingan atau Side job  sah-sah saja jika tidak menganggu pekerjaan utama. Sering terjadi orang lupa dengan tugas pokok pekerjaan utama karena dia mengejar hasil dari pekerjaan sampingan yang kadang menghasilkan lebih daripada pekerjaan utama.


Mengatur waktu untuk pekerjaan sampingan memang sangat di butuhkan untuk kebijakan  pekerjaan utama agar tidak terjadi kesalahan pada tugas pokok pekerjaan utama. Dalam hal ini hanya pribadi masing-masing yang bisa mengerti dan memahami juga mengatur waktu untuk dua pekerjaan tersebut.  Ada yang mungkin terbilang susah adalah jika kita berada pada perusahaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan sampingan kita, pasti pimpinan atau orang lain berpikir kita mendirikan perusahaan di dalam perusahaan dan di definisikan menjadi sebuah perilaku pengkhianatan terhadap perusahaan, kita di bilang tidak loyal bahkan bisa terancam posisi kita dalam perusahaan tempat kita bekerja.

Side job hendaknya, bukan satu wajah atau satu kesamaan dengan pekerjaan utama, tetapi modifikasikan sehingga tidak terlihat menjadi seorang yang berkhianat dalam pekerjaan. misal saja, kita bekerja di dunia pendidikan formal, maka side job yang sejalan dan akses nya boleh terbilang mudah adalah side job dalam pengadaan barang inventaris kantor, ataupun bekerja sama dalam dengan kantor untuk membikin brosur bila dibutuhkan, malah lebih sejalan lagi jika side job nya adalah Event organizer untuk pengadaan seminar atau pun program pelatihan yang menyangkut dengan visi dan misi pendidikan.
Sebetulnya banyak pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan di mana pun kita mengabdikan diri  tergantung pada inisiatif dan kreatif nya diri kita.

Fungsi side job selain untuk menambah penghasilan, juga berfungsi sebagai pelebaran pertemanan atau relasi, juga bisa di manfaat kan sebagai pengembangan hobby karena kita bekerja kadang tidak sesuai dengan jiwa kita.
Nah bagaimana dengan anda, apakah perlu untuk mencari side job? atau sudah puas dengan keadaan sekarang?  its just about your decision ....  because your life is yours

6 komentar:

"juga berfungsi sebagai pelebaran pertemanan atau relasi, juga bisa di manfaat kan sebagai pengembangan hobby karena kita bekerja kadang tidak sesuai dengan jiwa kita. '

nah yang ini saya suka banget, yg begini ini pemikiran orang-orang cerdas ^_^

jenengan saiki rajin banget nulis mbakyu, idene ono ae.... jempol pisan :) :D

hehehehehehe sekedar iseng wae, ndilalae waktu kosonge banyak :) :) :) :)


koment e karo miring ra? :)) :)) :))

Posting Komentar

monggo di pun koreksi