Selasa, 04 September 2012

perlukah belajar atau les bahasa di usia 36 ke atas ?

Posted by erna victor On 15.32 No comments

Biasa nya les di lakukan anak usia sekolah. Baik les mata pelajaran biasa ataupun les kemampuan berbahasa luar, contohnya les bahasa inggris, mandarin atau lainnya.   tetapi jika les di lakukan oleh orang yang berusia 30 atau 36 an ke atas, gimana ya ? wajar saja ? atau bagaimana ? 

Menuntut ilmu atau  mencari ilmu tidak berbatas usia.  seperti halnya di kampus saya, mereka yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa pun beraneka ragam dari usia 30 an  bahkan usia 50 atau  usia yang  sudah mendekati masa pensiun.  Mereka sekolah lagi untuk mempersiapkan diri jika mereka pensiun, karena bisa beralih profesi atau pun untuk mendalami hal tertentu yang dipandang nya bisa untuk pegangan hidup di hari tua.  

Keputusan untuk sekolah lagi bukan hal yang mudah karena semua butuh semangat yang tinggi dan pikiran positif dari semua yang hendak di jalani.  Paling tidak memberikan contoh kepada anak-anak yang lebih muda agar tetap semangat dalam belajar.   
Jika sekolah yang kita ingin kan bersifat formal mungkin bisa untuk di jadikan bahan pertimbangan, karena mendapatkan gelar dan sebagainya, jika hanya les -les biasa   seperti les bahasa inggris  gimana ? apa perlu ? 
Sejauh ini pemikiran saya, sangat perlu kita belajar untuk  menguasai bahasa lain, karena semakin hari semakin tinggi penggunaaan bahasa asing bahkan bahasa nomer satu di dunia adalah bahasa inggris, semua menggunakan bahasa inggris sebagai pemersatu orang di dunia, sebagai kiblat bahasa untuk  berkomunikasi dan bahasa inggris di jadikan bahasa internasional.  lalu bagaimana pikiran orang yang tidak sesuai dengan jalan pemikiran saya? pasti bilang, aneh- aneh lah, kurang kerjaan lah, atau bahkan  memandang sebuah hal yang lucu...   

Tapi terserah kata orang yang penting adalah bagaimana kita mendapat kan ilmu dan kita gunakan dengan baik. berpikir saja, seandainya kita ada kesempatan keluar negeri , kita nggak akan terlihat bodoh hanya dnegan tidak mengertinya dalam menggunakan bahasa lain.  apalagi sekarang jaman nya program pertukaran pelajar, siapa tau anak-anak kita berkesempatan untuk belajar keluiar,   kita mau tidak mau harus berurusan dengan orang luar yang kebetulan menjadi ibu asuh dari anak kita ketika melaksanakan tugas belajar ... manfaat lain yang jelas banyak kesempatan adalah, negara kita banyak di kunjungi wisatawan mancanegara, apabila kita mampu menggunakan bahasa luar, kita akan bisa berkomunikasi dengan orang luar ketika kita bertemu, dan mengharuskan untuk berbicara dengan bahasa lain. 

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat nya.. 
Apa anda tidak mau untuk menggunakan kesempatan  untuk belajar ?   tidak usah merasa malu ataupun canggung, belajar  terus dan semangatkan pada diri untuk tetap belajar....
contohkan lah belajar untuk anak - anak kita.. keep spirit

0 komentar:

Posting Komentar

monggo di pun koreksi